Rabu, 25 Juni 2008

Analisis 'Poto Kopi' : Penerapan Ilmu IF-ku dalam Kehidupan Sehari-hari

Kemaren aku pulang dari labdas 3 labtek V ITB sekitar jam 5, nah waktu turun di tangga dari lantai 2 ke lantai 1 tiba-tiba ada sesuatu yang menarik perhatianku, yaitu tulisan di fotokopian di samping Sekre HMIF, lumayan besar : 'POTO COPY', sebenarnya tulisan itu udah lama banget ada di situ, bahkan sebelum aku jadi anak IF mungkin udah ada. Tapi entah kenapa aku saat itu tergelitik gitu, hwaha, soalnya aku juga udah sering banget liat tulisan fotokopian yang ngasal, contoh : fhoto kopy, poto copi, dan masih banyak lagi.

Lalu tiba-tiba aku berpikir : berapa sih kemungkinan orang bisa nulis foto kopi secara ngasal ? apa aja kemungkinan yang ada ? bisakah kita merumuskan itu ?

Tiba-tiba aku merasa, bahwa aku bisa mendapatkan jawaban-jawaban itu dengan menggunakan ilmu-ilmu yang kudapatkan dari kuliah di IF ini (walaupun sangat sedikit yang aku bisa serap >.<), (ceileee, jadi ngerasa canggih gini), hwakakakaka,

Langsung aja, akan kumulai analisisku ini yang mungkin bakal bisa mengubah pola pikir umat manusia ...

Dengan menggunakan ilmu yang kudapetin dari mata kuliah OTBF aku bisa menebak kira-kira kemungkinan regex yang mungkin adalah

(p+f)(h+ε)oto (c+k)op(y+i)

Lalu berapa dong jumlah kemungkinan yang ada ? Dengan ilmu yang kudapetin dari mata kuliah ProbStat aku bisa meghitungnya dengan kaedah perkalian, jadi jumlah kemungkinannya adalah (2)(2)(1)(1)(1)(1)(2)(1)(1)(2) = 16.

Oh, oke, jadi 16 ya, sep, lalu apa aja kemungkinannya ? Dengan ilmu yang kudapetin dari mata kuliah Stimik, aku langsung kepikiran pake brute force untuk melist semua kemungkinannya, toh cuma 16 juga, n aku pun mengimplementasikannya pake ilmu yang kudapetin dari mata kuliah DasPro, n hasilnya pun sebuah program pascal dengan keluaran sebagai berikut :


Oke, aku pun merasa puas pertanyaan-pertanyaanku telah terjawab, n aku pun tersadar juga, bahwa ilmu yang kudapetin selama kuliah di IF ini bisa juga kuterapkan dalam kehidupan sehari-hari ... Tamat.


nb: postingan ini ga seserius yang kamu pikir, jadi sante aja nanggepinnya, hwakakaka ...

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Ih.. Parah bgt!!! Dibuat programnya, nih.. Dasar yang OOPnya A :P .

Anonim mengatakan...

aneh lo.. efek stress anak if kaya gini ne :p

puthutp mengatakan...

oke juga nih

sangat inspiratif dan menyentuh...
*sampe ngalahin kick andy*

raikruz mengatakan...

(...)

bagaimana jika di tempat fotokopinya tulisannya:
"rp 100 per lembar" ?

(...)

hehehe

Anonim mengatakan...

Hmm.. Coba terapkan analisisnya untuk menghitung berapa banyak orang yang salah mau search sora (kingdom hearts) tapi yang muncul malah aoi.

Setelah itu coba hitung juga kemungkinan orang itu malah senang gara - gara salah 'search'. :P

Anonim mengatakan...

Edun... hebat bung.. Semua berawal dari hal yang sederhana.

Potokopian kui digawe game wae ndom... Tebak2an kemungkinan yang bisa terus diketik koyo neng facebuk kae lho. gyahhaha..

Anonim mengatakan...

Mengerikan...